twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Sunday, September 19, 2010

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Akses informasi sangatlah menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh sebab itu tersedianya sarana dan prasarana komunikasi sangatlah penting dan dapat menjadi indikasi penyebaran dan penyerapan informasi oleh masyarakat. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia dapat dilihat dari tersedianya sarana dan prasarana komunikasi, baik untuk komunikasi suara (audio), video maupun data.
Beberapa faktor yang diidentifikasi berpengaruh terhadap kesenjangan Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain: jalan ke akses telekomunikasi; akses ke internet; pencapaian pendidikan juga menjelaskan perbedaan akses; bahasa (hampir 90% isi internet dalam bahasa inggris); dan akses di kawasan kota lebih baik daripada di desa.
Untuk mengatasi kesenjangan ini, kebijakan dalam bidang informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat guna mempercepat pembangunan antara lain: (a) meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi; (b) infomobilisasi; (c) menyediakan akses informasi; (d) mengembangkan Sumber Daya Manusia; (e) perangkat keras (hardware) untuk menunjang pelaksanaan tugas operasional; (f) E-Government.
Selengkapnya download file pdf-nya. (ziddu) atau melalui mediafire

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment.