twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Friday, May 29, 2009

The Good God The Evil God



The Good God and the Evil God met on the mountain top.
The Good God said, “Good day to you, brother”.
The Evil God made no answer.
And the Good God said, “You are in a bad humor today”.
“Yes”, said the Evil God, “for a late I have been often mistaken for you,
called by your name, and treated as if I were you, and it ill-pleases me”.
And the Good God said,“But I too have been mistaken for you and called by your name”.
The Evil God walked away cursing the stupidity of man.


The Mad Man - Khalil Gibran


Many people do the crime, killing, war in the name of their God. “We do this in God’s will, they say” We have to defend our God. The death people in defending God or religion are acceptable. When the victims are carrying the pain because of them in the rest of their life, the actors do not feel guilty at all. Do will the God wants human to be suffered in defending Him? It is so perplexing because no matter whose God it is, for sure He is The Almighty God, have power beyond death and life. So, what is the power of man that has no power to defend The One who is actually has the mighty power.
This is when The Good God becomes The Evil God and The Evil God becomes The Good God.

Wednesday, May 27, 2009



I swear to you
I will always be there for you - there's nothin' I won't do
I promise you all my life I will live for you
We will make it through, Forever we will be
Together you and me
N' when I hold ya - nothing can compare
With all my heart - ya know I'll always be right there

I believe in us, nothin' else could ever mean so much
You're the one I trust our time has come - we're not two people
Now we are one - you're second to none
Forever - we will be
Together - a family
The more I get to know ya - nothin' can compare
With all my heart ya you know I'll always be right there

Forever we will be
Together - just you and me
The more I get to know ya, the more I really care
With all of my heart, ya know I'll always be
Ya know I really love ya, ya nothin' can compare
For all my life - ya know I,ll always be.. right there

I'll Always Be Right There - Bryan Adams

Wednesday, May 20, 2009

Kail Si Miskin


Untuk apa kail jika kita tidak tahu menggunakannya...
Untuk apa kail jika kita tidak tahu dimana kita harus menggunakannya...
Untuk apa kail jika tidak ada ikan yang akan kita pancing...
Dunia mengatakan agar kita jangan memberikan ikan, tetapi berikanlah kail agar orang tersebut bisa berusaha/hidup berkelanjutan dan bukan hanya mengharapkan bantuan saja.
Seharusnya yang memberikan kail tersebut juga mengajari mereka cara menggunakannya, memberitahukan dimana ikan itu berada dan bagaimana cara memancing ikan tersebut, karena mereka memiliki keterbatasan dalam hal tersebut.

Monday, May 18, 2009

Profil Kota Sibolga 2008

This is the profile of Sibolga City ( Indonesia, North Sumatra) Year 2008. You can find various information in this book, such as the government, health, culture, infrastructure, economics profile and others.
Download file pdf-nya.

Saturday, May 16, 2009

The Secret


Membaca buku ini saya teringat akan semua keinginan-keinginan yang telah terwujud, baik itu yang sebenarnya kita inginkan maupun tidak. Semuanya terwujud dalam jangka waktu yang cepat maupun lama. Buku ini berintikan hukum tarik-menarik yaitu apa yang kita pikirkan, maka semesta akan mewujudkan pikiran kita tersebut, tentunya disertai dengan keyakinan dan perasaan bahwa kita telah memiliki apa yang kita inginkan di pikiran tersebut. Kurang lebih sama seperti yang diucapkan Siddharta (Siddharta; Herman Hesse) "Minta, Tunggu dan Puasa" ataupun Yesus dalam Matius 7 : 7 "Minta maka engkau akan menerima, ketuk maka pintu akan dibukakan bagimu". Demikian juga oleh Mikhail Naimy dalam The Book of Mirdad "Karena dalam dirimu terdapat kekuatan untuk menarik sebagaimana engkau memiliki kekuatan untuk menolak".Buku ini mengajarkan kepada kita langkah-langkah yang harus kita ambil untuk mewujudkan pikiran-pikiran kita tersebut.

Doa Sang Katak Vol. II - Anthony De Mello


Mengajari kita bermeditasi melalui berbagai cerita. Terkadang ceritanya lucu, sedih, ironis dan ada yang sampai sekarang ceritanya tidak bisa kumengerti. Doa Sang Katak 1 dan 2 suatu buku yang perlu dibaca, apalagi pada saat kita sudah mulai kehilangan arah dalam hidup ini. Sudah mulai sering menghakimi orang, sedih berkepanjangan, tidak perduli, buku ini kembali mengingatkan jalan yg benar tanpa mengajari kita. Buku lintas agama menurutku walaupun penulisnya seorang Katolik. Cerita tentu tidak menghakimi seseorang atau apapun juga. Suatu cerita akan mengajak kita untuk mengeluarkan isi hati kita yang sebenarnya.

download : pdf file 184 kb

Tuesday, May 12, 2009

Mobil Nasional GEA

Akhirnya mobil nasional sebentar lagi akan beredar di nusantara ini. Sesuatu yang sangat membanggakan karena semua proses pembuatan dan bahan bakunya diproduksi di Indonesia. Tidak seperti mobil nasional terdahulu, Timor ataupun Cakra dimana Indonesia hanya sebagai tempat perakitannya saja, semua komponen mesin sampai rangkanya berasal dari korea.

Apresiasi sebesar-besarnya disampaikan kepada BPPT dan PT. Inka yang telah memproduksinya. Mobil Nasional yang diberi nama GEA ini akan dipasarkan tahun 2009 ini dan dibandrol dengan harga Rp. 75 jutaan. Mobil ini berengine 650 cc dan kecepatan maksimumnya hanya 85 km/jam. Hanya satu yang sangat disayangkan, meskipun mobil ini berkonsep city car, tetapi bentuk/modelnya kurang menarik. Hendaknya design-nya dibuat lebih menarik sehingga masyarakat lebih tertarik untuk memilikinya, mengingat sangat banyak mobil luar negeri yang sangat menarik modelnya. Mudah-mudahan pada produksi berikutnya modelnya dapat diubah menjadi lebih menarik dengan mengundang para designer untuk mendesign mobil nasional berikutnya.

Dalam hal pemasaran, mungkin pemerintah pusat lebih bisa mendukung Mobil Nasional ini dengan menganjurkan ataupun kalau perlu mengeluarkan Keputusan Presiden atau Peraturan Pemerintah agar setiap instansi pemerintah dalam pengadaan kendaraan dinasnya menggunakan Mobil Nasional Gea ini. Tentunya hal ini akan jauh meningkatkan perekonomian kita dan tentunya lapangan kerja akan semakin luas mengingat permintaan akan mobil ini akan semakin meningkat. Selain itu semakin banyak masyarakat melihat Gea tersebut di jalanan, akhirnya mereka akan tertarik juga untuk memilikinya.
Apapun permasalahan yang ada, maju terus kreasi anak bangsa, hidup Mobil Nasional.


Monday, May 11, 2009

Hanya Meng"Klik" Anda Telah Membantu Mereka

Begitu banyak manusia di dunia ini yang dilanda kelaparan. Untuk menolong mereka ada cara yang paling mudah, yaitu hanya dengan meng"klik" mouse komputer, maka anda telah membantu mereka yang kelaparan. www.freerice.com memberikan anda jalan untuk itu. Pada website ini anda diajak untuk bermain game ilmu pengetahuan yang relatif gampang karena tujuannya semakin banyak anda menjawab pertanyaannya, semakin banyak beras yang anda donasikan. Selain bisa menambah pengetahuan anda dibidang seni lukis, matematika, ilmu kimia, pengetahuan umum, bahasa inggris, anda juga telah menolong mereka yang kelaparan. Ayo tunggu apalagi, segera klik www.freerice.com untuk membantu mereka.

Selain www.freerice.com anda juga dapat mengakses :

http://children.care2.com/ untuk memberi makan anak2

http://www.thehungersite.com/ untuk memberi makan masyarakat

http://www.bhook.com/ untuk memberi makan masyarakat

http://www.buildaschool.org untuk membantu membangun sekolah

http://www.theliteracysite.com untuk memberikan buku gratis kepada orang miskin

http://www.greinermaltz.com/ untuk memberi makan tunawisma

Saturday, May 9, 2009

Sibolga Cyber City

Cyber City merupakan salah satu konsep kota modern berbasis teknologi informasi dimana kita mudah menemukan berbagai perangkat teknologi informasi dalam kegiatan rutin warganya, biasanya yang menjadi tolak ukurnya adalah akses internet di kota tersebut. Kota Sibolga sudah bisa mulai menerapkan konsep cyber city untuk memenuhi kebutuhan warganya dalam mengakses internet secara lebih luas dan tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja. Di era informasi ini, setiap orang memiliki peluang yang sama untuk menjalin hubungan secara luas baik nasional maupun internasional.

Kota Sibolga sejak tahun 2005 sebenarnya telah mulai membangun jaringan teknologi informasi dan komunikasi berupa internet dan intranet, tetapi kurangnya penanganan yang serius mengakibatkan proyek ini terhenti di tengah jalan. Kemudian di tahun 2008, proyek ini dimulai kembali dengan menyediakan jaringan wifi di lingkungan Kantor Walikota Sibolga yang kemudian secara bertahap mulai diperluas lagi dengan membangun beberapa akses point di Kota Sibolga, seperti di Kantor Kecamatan Sibolga Sambas dan Aula Perkantoran Kota Sibolga.
Implementasi cyber city juga bisa membantu masyarakat dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Pemasangan free hotspot di sejumlah tempat terbuka seperti Stadion Horas, Terminal Bis, Lokasi Wisata seperti Pantai Ujung Sibolga maupun pusat perbelanjaan modern (Aido Mini Plaza) akan semakin memudahkan masyarakat untuk beraktifitas secara lebih luas. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk menciptakan dan mengisi lowongan kerja ataupun bagi pengusaha memasarkan produk mereka dengan lebih efektif, bidang pendidikan dan kesehatan dapat menjadi lebih efektif dan lebih menjangkau banyak orang dan pastinya pemerintahan bisa menjadi lebih efisien dan lebih akuntabel. Salah satu aplikasi internet yang menjanjikan adalah e-commerce, yaitu perdagangan yang benar-benar berlangsung di internet. Terlebih lagi sekarang ini sudah mewabah pembuatan blog-blog pribadi. Blog yang pada umumnya gratis ini sudah banyak digunakan oleh mereka untuk memasarkan produk-produknya di dunia maya. Bisa dibayangkan, dimana saja mereka dapat bertransaksi, pada saat bersantai di Pantai Ujung Sibolga mereka bisa menjalankan bisnisnya, berkirim email, chatting dan sebagainya menggunakan laptop ataupun smartphone/blackberry.

Permasalahan yang ada
Sejalan dengan harapan yang besar tentang terwujudnya Sibolga Cyber City, berkembang pula rasa cemas terhadap akibat negatif yang bisa muncul dari melesatnya kemajuan serta penyebarluasan informasi ini ke seluruh dunia. Selain itu keterbatasan akses internet kepada seluruh masyarakat Kota Sibolga saat ini masih sulit untuk dihilangkan karena permasalahan biaya yang cukup besar untuk meningkatkan kapasitas jaringan internet di Kota Sibolga. Demikian juga dengan kemampuan berbahasa inggris masyarakat yang masih rendah mengakibatkan keterbatasan masyarakat memperoleh pengetahuan yang lebih luas karena hampir 90% isi internet dalam bahasa inggris. Menghadapi teknologi informasi yang semakin cepat diperlukan Sumber Daya Manusia yang siap pakai, terampil dan profesional di bidangnya. Untuk itu sangat dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pegawai/staf yang menangani teknologi ini di pemerintahan.
Demikian juga dengan minimnya investasi dalam bidang teknologi informasi dari pihak swasta di Kota Sibolga mengakibatkan teknologi ini masih harus disediakan oleh Pemerintah Daerah, tentunya kedepan diharapkan adanya investor yang berminat untuk menanamkan modalnya di Kota Sibolga untuk mewujudkan Sibolga Cyber City.

Kedepannya
Cybercity merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan masyarakat agar melek teknologi. Dengan penyediaan jaringan free hotspot di Kota Sibolga diharapkan semakin banyak pengguna dan masyarakat yang tidak gagap lagi dengan teknologi informasi khususnya untuk mengakses internet.
Sepertinya sampai saat ini tidak ada daerah di Indonesia yang telah memberikan akses internet melalui perangkat wifi ke seluruh warganya, kemungkinan karena biaya yang cukup besar. Kota Sibolga adalah kota yang kecil, konsep Cyber City ini sangat memungkinkan bisa diwujudkan karena biayanya pasti tidak sebesar jika daerah-daerah lain yang sangat luas wilayahnya.
Pemerintah Kota Sibolga diharapkan menyediakan akses bersama dalam bentuk komputer dan internet dalam suatu tempat sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Penerapan konsep cyber city ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan warganya dalam mengakses internet secara lebih luas dan tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja.
Disamping itu, keberadaan layanan akses internet gratis ini diharapkan dapat memancing minat wisatawan baik dari mancanegara maupun domestik. Sekarang ini, pemerintah kota sedang berupaya untuk memasang beberapa access point di berbagai tempat Kota Sibolga.
Selain dari pemanfaatan internet bagi masyarakat, di lingkungan pemerintahan kota juga diharapkan ketersediaan jaringan intranet, yang selain mempermudah dan mempercepat arus informasi yang dibutuhkan, pemanfaatannya juga dapat digunakan oleh pimpinan kantor untuk memonitor pekerjaan staf-nya dan diharapkan usaha pemanfaatan infrastruktur ini dapat dioptimalkan dengan memprioritaskan pengayaan konten di website resmi pemerintah Kota Sibolga http://www.sibolgakota.go.id/ diatas pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur yang ada.

Daya Tarik Investasi Ke Daerah

Daya tarik investasi ke suatu Daerah tidak terjadi dengan serta merta. Pembentukan daya tarik investasi berlangsung secara terus menerus dari waktu ke waktu dan dipengaruhi oleh banyak aspek. Faktor ekonomi, politik dan kelembagaan, sosial dan budaya diyakini merupakan beberapa faktor pembentuk daya tarik investasi ke suatu negara atau daerah. Investasi memegang peranan penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Secara umum investasi atau penanaman modal membutuhkan adanya iklim yang sehat dan kemudahan serta kejelasan prosedur penanaman modal. Iklim investasi daerah juga dipengaruhi oleh kondisi makroekonomi daerah yang bersangkutan. Kondisi inilah yang mampu menggerakkan sektor swasta untuk ikut serta dalam menggerakkan roda ekonomi.
Banyaknya anggapan Daerah yang menganggap investasi adalah sumber baru untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengakibatkan timbulnya pungutan-pungutan baru baik yang legal maupun ilegal. Pemerintah Daerah telah menerapkan peraturan daerah yang dimaksudkan untuk meningkatkan PAD namun tanpa mempertimbangkan beban yang harus ditanggung oleh para pengusaha. Selain itu masalah birokrasi, pungutan liar dan ketidakpastian hukum juga mengurangi investasi di Daerah. Yang terutama adalah tidak tersedianya prasarana dan sarana yang mampu menarik orang, investor dan modal. Tetapi beberapa pemerintah daerah telah melakukan beberapa langkah untuk menarik PMDN. Ada beberapa langkah yang telah dilakukan, namun belum secara menyeluruh. Beberapa inisiatif yang dilakukan antara lain dengan melakukan reformasi birokrasi layanan investasi, membangun sistem informasi potensi investasi serta peningkatan dan provisi infrastruktur fisik.
Pertama, reformasi pelayanan investasi. Koordinasi antar tingkatan pemerintahan, baik vertikal maupun horizontal sangatlah penting, beberapa pemerintah daerah telah menerapkan sistem Unit Pelayanan Terpadu (UPT) dalam pelayanan perijinan. Sistem ini ditujukan untuk menyederhanakan birokrasi perijinan. Penerapan sistem ini berbeda-beda antardaerah, dalam hal prosedur kerja dan cakupan kewenangan. Selain itu beberapa pemerintah daerah telah menerapkan Sistem Perijinan Satu Atap (SINTAP). Dengan menciptakan layanan perijinan dan investasi, permohonan perijinan dapat diproses di satu tempat sehingga birokrasi menjadi lebih pendek, cepat dan efisien.
Kedua, sistem informasi potensi investasi. Banyak pemerintah daerah yang telah menggunakan berbagai cara dan strategi tertentu untuk menarik investasi, antara lain pameran produk dan potensi investasi dan promosi melalui internet, berupa situs web yang berisi berbagai macam informasi mengenai potensi investasi dan prosedur layanan untuk investor.
Ketiga, peningkatan dan provisi infrastruktur fisik. Ketersediaan infrastruktur pendukung dirasakan sangat penting untuk kegiatan usaha. Beberapa daerah telah memahami pentingnya investasi bagi pembangunan perekonomian daerah. Investasi diperlukan untuk menutup defisit pendanaan pembangunan. Memperbaiki iklim investasi dan bisnis merupakan penentu penting dalam investasi.
Secara umum investasi akan masuk ke suatu daerah tergantung dari daya tarik daerah tersebut terhadap investasi dan adanya iklim investasi yang kondusif. Keberhasilan daerah untuk meningkatkan daya tariknya terhadap investasi salah satunya tergantung dari kemampuan daerah dalam merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan investasi dan dunia usaha serta peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu, hal yang juga penting untuk diperhatikan dalam upaya menarik investor, selain makroekonomi yang kondusif juga adanya pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur.
Menurut Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), ada 5 (lima) faktor yang mempengaruhi daya tarik investasi daerah, yaitu (1) kelembagaan, (2) sosial politik, (3) perekonomian daerah, (4) tenaga kerja dan produktifitas, serta (5) infrastruktur fisik.
Faktor kelembagaan yang dimaksud adalah kepastian hukum; aparatur dan pelayanan; keuangan daerah dan peraturan daerah. Investor maupun dunia usaha membutuhkan kepastian hukum dalam berusaha, apakah pemerintah daerah konsisten terhadap pemberlakuan peraturan daerah dan kebijakan lainnya yang mengatur kehidupan berusaha; apakah hukum ditegakkan terkait dengan konsistensi keputusan peradilan, pungutan liar di luar birokrasi dan hubungan antara pihak eksekutif dan legislatif. Demikian juga dengan kepastian birokrasi dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan aparat pemda. Investor membutuhkan kepastian dalam kemudahan pelayanan birokrasi dan profesionalisme aparat pemda dalam melakukan pelayanan terhadap dunia usaha. Pungutan yang berlaku di daerah seperti pajak maupun retribusi daerah juga merupakan hal yang diperhatikan oleh investor selain komitmen pemerintah daerah dalam menyediakan sarana pendukung dalam kegiatan usaha. Peraturan daerah yang berkaitan dengan pelayanan, pungutan, penetapan harga, ketenagakerjaan dan sebagainya merupakan salah satu faktor yang menentukan.
Faktor sosial politik yang dimaksud adalah keamanan dan sosial budaya masyarakat.
Investor membutuhkan keamanan terhadap aktivitas usaha mereka, keamanan terhadap masyarakat di lingkungan sekitar tempat kegiatan usaha dan kualitas aparat keamanan dalam menangani gangguan keamanan/ketertiban umum serta jaminan dan perlindungan keamanan yang dapat diberikan oleh aparat keamanan di daerah. Faktor sosial budaya masyarakat, seperti motivasi kerja yang tinggi dari masyarakat, budaya wirausaha dari masyarakat, keterbukaan masyarakat terhadap dunia usaha, stabilitas politik dan intensitas unjuk rasa di suatu daerah serta partisipasi masyarakat maupun dunia usaha dalam perumusan kebijakan pemerintah daerah tentunya merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh suatu daerah bila menginginkan investor masuk ke daerah mereka.
Faktor perekonomian daerah yang dimaksud adalah potensi ekonomi dan struktur ekonomi.
Daya beli, kesejahteraan dan produktivitas masyarakat merupakan tolok ukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Memperhatikan faktor-faktor ini tentunya dunia usaha membutuhkan pasar terhadap produk-produk mereka. Pertumbuhan ekonomi daerah merupakan salah satu indikator yang digunakan dunia usaha dalam menilai apakah daerah tersebut perekonomiannya sudah berkembang atau belum. Mengukur dan melihar struktur perekonomian di suatu daerah pada sektor primer yang berbasis di Sumber Daya Alam, sektor sekunder yang berbasis dalam kegiatan ekonomi produktif dan industrialisasi serta pada sektor tersier yang berbasis pada kemampuan jasa lembaga keuangan dalam perekonomian daerah. Dengan memperhatikan PDRB Perkapita, kita dapat melihat apakah masyarakat di daerah tersebut mempunyai daya beli yang tinggi atau tidak
Faktor ketenagakerjaan yang dimaksud adalah ketersediaan tenaga kerja usia produktif dan berpengalaman serta tenaga kerja pencari kerja; biaya tenaga kerja berdasarkan aturan formal dan aktual serta produktifitas tenaga kerja.
Yang terpenting dari kesemua faktor yang mempengaruhi daya tarik investasi adalah faktor infrastruktur. Ketersediaan dan kualitas infrastruktur merupakan faktor yang utama, apakah itu ketersediaan jalan, pelabuhan laut, pelabuhan udara, sarana komunikasi dan ketersediaan listrik.

Selain terpenuhinya kesemua faktor tersebut diatas oleh pemerintah daerah, masih dirasa perlu bagi pemerintah daerah untuk memasarkan daerahnya kepada investor. Menurut Mudrajat Kuncoro, ada 4 aktivitas utama dalam memasarkan daerah :
1. Mengembangkan positioning yang kuat dan menarik.
2. Merancang insentif yang menarik bagi investor baru maupun yang sudah ada.
3. Menawarkan produk dan jasa secara efisien dan bisa diakses dengan mudah.
4. Mempromosikan daya tarik dan manfaat daerah
Dalam praktek, setidaknya ada empat strategi untuk menarik investasi, orang dan industri ke suatu daerah, yaitu :
Image (Citra) Marketing.
Untuk mengkomunikasikan citra suatu daerah dapat digunakan beberapa cara: slogan, pengambilan posisi citra (image positioning), dan simbol secara visual. Slogan adalah ungkapan/pernyataan singkat yang merefleksikan visi menyeluruh suatu daerah. Bila diintegrasikan dengan rencana pemasaran stratejik, slogan ini dapat bermanfaat untuk menumbuhkan antusias, optimisme, momentum dan ide-ide baru, sebagai contoh Hong Kong dengan ”City of Life”, Perth dengan ”Best on Earth in Perth” atau Singapura dengan ”Live It Up In Singapore”. Selain slogan, pemasaran daerah dapat dilakukan dengan image positioning, yaitu menempatkan daerah dalam konteks regional, nasional dan internasional pada suatu jenis aktivitas, lokasi, daya tarik tertentu dibanding daerah lain yang memiliki posisi yang lebih kuat/mapan. Contohnya Singapura ”Tourism Capital”, Sydney ”Cultural Capital”, Jogjakarta ”Jogja Never Ending Asia”, dll.
Attraction Marketing.
Atraksi (daya tarik) merupakan alasan penting untuk wisatawan, investor dan modal datang ke suatu tempat. Atraksi dibagi menjadi sumber daya alam dan buatan manusia. Lebih jauh, klasifikasi tersebut dibagi lagi menjadi dua yaitu atraksi berdasarkan lokasi dan atraksi yang nyata karena merupakan peristiwa. Kita dapat melihat bahwa atraksi lokasi dan atraksi peristiwa dapat merupakan aktivitas yang komplementer. Sebagai contoh, sebuah festival daerah dapat meningkatkan penampilan Danau Toba, dan pertunjukkan kesenian daerah berupa tarian dan nyanyian daerah dapat dilaksanakan ditempat-tempat atau gedung-gedung yang bernilai sejarah. Pembagian antara sumber daya alam dan atraksi buatan manusia tidak selalu jelas. Banyak atraksi natural membutuhkan infrastruktur dan manajemen untuk digunakan sebagai tujuan wisata, seperti Taman Safari, Sea World, dll.
Infrastructure Marketing.
Infrastruktur fisik merupakan faktor pendukung bagi kelancaran kegiatan usaha. Keterediaan dan kualitas infrastruktur fisik ini sangat berpengaruh bagi kelancaran kegiatan usaha yang terjadi di daerah. Semakin besar skala usaha, maka kebutuhan akan infrastruktur fisik juga semakin besar. Infrastruktur merupakan dasar utama dalam memasarkan daerah. Slogan dan image positioning tidak ada artinya tanpa diikuti oleh tersedianya prasarana dan sarana yang mampu menarik orang, investasi dan modal. Dalam mempromosikan infrastruktur perlu ditekankan pada :
Aksesbilitas; kemudahan untuk didatangi, mencakup jalan, kereta api, bandara, pelabuhan, transportasi umum dan telekomunikasi.
Kualitas infrastruktur; seberapa jauh sumber daya modal, fisik dan prasarana yang mendukung aktivitas ekonomi telah tersedia.
People Marketing.
Dapat dilakukan melalui (1) orang-orang terkenal, (2) pemimpin daerah, (3) orang-orang kompeten dan wirausaha dan (4) sikap masyarakat (seberapa jauh masyarakat lokal menerima pembaharuan, baik itu investasi, industri, orang, produk) dari luar.
Apabila faktor-faktor tersebut tersedia dan diterapkan dengan strategi pemasaran yang tepat, bisa dipastikan perkembangan investasi di daerah akan membaik dan investor akan tertarik untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut.