twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Saturday, May 9, 2009

Sibolga Cyber City

Cyber City merupakan salah satu konsep kota modern berbasis teknologi informasi dimana kita mudah menemukan berbagai perangkat teknologi informasi dalam kegiatan rutin warganya, biasanya yang menjadi tolak ukurnya adalah akses internet di kota tersebut. Kota Sibolga sudah bisa mulai menerapkan konsep cyber city untuk memenuhi kebutuhan warganya dalam mengakses internet secara lebih luas dan tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja. Di era informasi ini, setiap orang memiliki peluang yang sama untuk menjalin hubungan secara luas baik nasional maupun internasional.

Kota Sibolga sejak tahun 2005 sebenarnya telah mulai membangun jaringan teknologi informasi dan komunikasi berupa internet dan intranet, tetapi kurangnya penanganan yang serius mengakibatkan proyek ini terhenti di tengah jalan. Kemudian di tahun 2008, proyek ini dimulai kembali dengan menyediakan jaringan wifi di lingkungan Kantor Walikota Sibolga yang kemudian secara bertahap mulai diperluas lagi dengan membangun beberapa akses point di Kota Sibolga, seperti di Kantor Kecamatan Sibolga Sambas dan Aula Perkantoran Kota Sibolga.
Implementasi cyber city juga bisa membantu masyarakat dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Pemasangan free hotspot di sejumlah tempat terbuka seperti Stadion Horas, Terminal Bis, Lokasi Wisata seperti Pantai Ujung Sibolga maupun pusat perbelanjaan modern (Aido Mini Plaza) akan semakin memudahkan masyarakat untuk beraktifitas secara lebih luas. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk menciptakan dan mengisi lowongan kerja ataupun bagi pengusaha memasarkan produk mereka dengan lebih efektif, bidang pendidikan dan kesehatan dapat menjadi lebih efektif dan lebih menjangkau banyak orang dan pastinya pemerintahan bisa menjadi lebih efisien dan lebih akuntabel. Salah satu aplikasi internet yang menjanjikan adalah e-commerce, yaitu perdagangan yang benar-benar berlangsung di internet. Terlebih lagi sekarang ini sudah mewabah pembuatan blog-blog pribadi. Blog yang pada umumnya gratis ini sudah banyak digunakan oleh mereka untuk memasarkan produk-produknya di dunia maya. Bisa dibayangkan, dimana saja mereka dapat bertransaksi, pada saat bersantai di Pantai Ujung Sibolga mereka bisa menjalankan bisnisnya, berkirim email, chatting dan sebagainya menggunakan laptop ataupun smartphone/blackberry.

Permasalahan yang ada
Sejalan dengan harapan yang besar tentang terwujudnya Sibolga Cyber City, berkembang pula rasa cemas terhadap akibat negatif yang bisa muncul dari melesatnya kemajuan serta penyebarluasan informasi ini ke seluruh dunia. Selain itu keterbatasan akses internet kepada seluruh masyarakat Kota Sibolga saat ini masih sulit untuk dihilangkan karena permasalahan biaya yang cukup besar untuk meningkatkan kapasitas jaringan internet di Kota Sibolga. Demikian juga dengan kemampuan berbahasa inggris masyarakat yang masih rendah mengakibatkan keterbatasan masyarakat memperoleh pengetahuan yang lebih luas karena hampir 90% isi internet dalam bahasa inggris. Menghadapi teknologi informasi yang semakin cepat diperlukan Sumber Daya Manusia yang siap pakai, terampil dan profesional di bidangnya. Untuk itu sangat dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pegawai/staf yang menangani teknologi ini di pemerintahan.
Demikian juga dengan minimnya investasi dalam bidang teknologi informasi dari pihak swasta di Kota Sibolga mengakibatkan teknologi ini masih harus disediakan oleh Pemerintah Daerah, tentunya kedepan diharapkan adanya investor yang berminat untuk menanamkan modalnya di Kota Sibolga untuk mewujudkan Sibolga Cyber City.

Kedepannya
Cybercity merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan masyarakat agar melek teknologi. Dengan penyediaan jaringan free hotspot di Kota Sibolga diharapkan semakin banyak pengguna dan masyarakat yang tidak gagap lagi dengan teknologi informasi khususnya untuk mengakses internet.
Sepertinya sampai saat ini tidak ada daerah di Indonesia yang telah memberikan akses internet melalui perangkat wifi ke seluruh warganya, kemungkinan karena biaya yang cukup besar. Kota Sibolga adalah kota yang kecil, konsep Cyber City ini sangat memungkinkan bisa diwujudkan karena biayanya pasti tidak sebesar jika daerah-daerah lain yang sangat luas wilayahnya.
Pemerintah Kota Sibolga diharapkan menyediakan akses bersama dalam bentuk komputer dan internet dalam suatu tempat sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Penerapan konsep cyber city ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan warganya dalam mengakses internet secara lebih luas dan tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja.
Disamping itu, keberadaan layanan akses internet gratis ini diharapkan dapat memancing minat wisatawan baik dari mancanegara maupun domestik. Sekarang ini, pemerintah kota sedang berupaya untuk memasang beberapa access point di berbagai tempat Kota Sibolga.
Selain dari pemanfaatan internet bagi masyarakat, di lingkungan pemerintahan kota juga diharapkan ketersediaan jaringan intranet, yang selain mempermudah dan mempercepat arus informasi yang dibutuhkan, pemanfaatannya juga dapat digunakan oleh pimpinan kantor untuk memonitor pekerjaan staf-nya dan diharapkan usaha pemanfaatan infrastruktur ini dapat dioptimalkan dengan memprioritaskan pengayaan konten di website resmi pemerintah Kota Sibolga http://www.sibolgakota.go.id/ diatas pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur yang ada.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment.