twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Thursday, January 12, 2012

Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Mengapa kita memerlukan jaringan? Tentunya hal ini berkaitan dengan efisiensi waktu dan produktivitas kerja para pemanfaat teknologi informasi, demikian juga dengan reliabilitas dan sistem yang tersebar secara luas.
Dengan adanya jaringan, kita dapat saling berbagi komunikasi sehingga dapat saling berbagi data-informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hard disk, dan sebagainya. Selain itu, data informasi dari sisi pengirim menuju penerima tersampaikan secara cepat dan tepat tanpa adanya kesalahan melalui transmisi atau media komunikasi tertentu.
Tentunya dalam membangun jaringan kita harus memperhatikan topologi, yaitu suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring (cincin), star (bintang) dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh karena itu pengembang harus mempertimbangkan permasalahan-permasalahan seperti delay, kecepatan, keandalan, kemampuan untuk mengatasi kegagalan koneksi dalam memilih suatu topologi.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment.